Archive for December, 2008

Posting Linux Ubuntu

Posted in Ubuntu Linux on December 16, 2008 by rgbcool

Udah lama gak nulis postingan tentang Linux, mungkin sudah hampir 3 bulan tidak nulis di blog tentang Linux. Postingan terakhir saya adalah tentang setting router load balancing di Ubuntu 8.04. Sekedar berbagi pengalaman dan merupakan media sharing juga. Saran kritik sangat diharapkan dari temen2. Semoga dapat bermanfaat…

ubuntu

Juventus Benamkan Milan 4-2

Posted in Sport on December 15, 2008 by rgbcool

Jangan pernah meremehkan The Old Lady. Kemenangan meyakinkan atas AC Milan menjadi sebuah momentum yang telah didapatkan Juventus untuk “membungkam” mereka yang meragukan kekuatan “Si Nyonya Tua” di musim ini. Dua gol Carvalho Amauri dan masing-masing satu gol dari Chiellini dan Del Piero membuktikan bahwa Juventus lebih digdaya dari Milan. Sekali lagi Juventus membuktikan kekuatannya yang sebenarnya. Sampai dua bulan pertama Juventus memang sempat diragukan banyak pihak, menyusul hasil tak mentereng mereka, baik di Seri A maupun Liga Champions. Namun, perlahan tapi pasti “Si Zebra” sudah kembali ke habitatnya, berada di level tinggi. Sang attacante Amauri menanggapi bahwa keberhasilan dirinya mencetak gol ke gawang Milan adalah buah dari latihan kerasnya selama ini. 10 gol di Serie A sampai pekan 16 sudah cukup membuktikan bahwa Juventus tidak keliru memboyongnya dari Palermo dengan banderol cukup mahal. Semoga saja Penampilan Juventus tetap konstan seperti kemarin saat melawan Milan. Forza Juve….

Carvalho Amauri Selebrasi gol Amauri

Juventus Lolos 16 Besar

Posted in Sport on December 11, 2008 by rgbcool

Dini hari tadi Juventus memastikan juara grup H Liga Champions setelah bermain imbang 0-0 melawan BATE Borisov. Posisi kedua ditempati Real Madrid yang dini hari kemarin mengalahkan Zenit st Petersburg dengan skor 3-0. Bermain di Olimpico GGrande Stadium Turin, Juventus tanpa diperkuat sejumlah pilar yang cedera. Dalam pertandingan ini, Ranieri memasang Giovinco sejak awal untuk diduetkan dengan Carvalho Amauri di lini depan. Hasilnya, beberapa kali pemain yang pernah dipinjamkan ke Empoli ini merepotkan pertahanan BATE melalui aksi-aksi individu dan tendangan bebasnya.
Dalam laga ini, Cristiano Zanetti juga sukses menjalani laga perdananya musim ini. Ia bahkan mampu menyelesaikan pertandingan tanpa mengalami masalah fisik yang sempat memaksanya menjalani perawatan lama.

Ekspresi Kecewa Sebastian Giovinco

Ekspresi kekecewaan Giovinco sesaat setelah gagal mengeksekusi penalti pada menit 57. Namun Ranieri memuji penampilan Giovinco karena berhasil membuat kalang kabut pertahanan BATE.

FORZA JUVE….

Asal Usul Kentut (Maap yee..)

Posted in Bahan Renungan on December 10, 2008 by rgbcool

Bener juga nih, kayaknya emang penting buat dibaca..

Baca sampe abis yaaaa….. Sekedar utk mengendurkan urat syaraf…

Nih, Pentingnya kita Kentuttttt.. …..menurut Wikipedia, diceritakan kembali untuk teman-teman …

kentut sering dijauhi
kentut sering dihina
kentut sering dianggap anak haram karena kadang nggak diketahui siapa yang melahirkannya ke dunia ini
mari kita liat masa lalu kentut…
kasian mereka…

1. Dari mana asal kentut ?
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia & gas dari bakteri dalam perut.


2. Apa komposisi kentut ?
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen
dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut & cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana & hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen. (Makanya jangan suka nahan kentut).

3. Kenapa kentut berbau busuk ? <== Pake nanya lagi
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri
dalam perut, & makin busuklah kentut anda.
Telur & daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya. Continue reading

Penting Untuk Diketahui

Posted in Bahan Renungan on December 10, 2008 by rgbcool
Postingan ini saya dapatkan dari teman yang memforward lewat email. Saya rasa kita perlu memberi pelajaran pada oknum yang semau sendiri.
Semoga bermanfaat…

Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika  menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.

Polisi (P) : Selamat siang mas, bisa lihat Sim dan STNK ?

Sopir (Sop) : Baik Pak.

P : Mas tau kesalahannya apa ?

Sop : Gak Pak.

P : Ini nomor polisinya gak seperti seharusnya (sambil nunjuk ke plat nomor taksi yang memang gak standar) sambil langsung mengeluarkan jurus sakti mengambil buku tilang, lalu menulis dengan sigap.

Sop : Pak jangan ditilang deh. Wong plat aslinya udah gak tau ilang kemana. Kalo ada pasti saya pasang.

P : Sudah saya tilang saja. Kamu tau gak banyak mobil curian sekarang ? (dengan nada keras !!)

Sop : (Dengan nada keras juga) Kok gitu ! Taksi saya kan ada STNKnya Pak. Iini kan bukan mobil curian !

P : Kamu itu kalo dibilangin kok ngotot (dengan nada lebih tegas).

Kamu terima aja surat tilangnya (sambil menyodorkan surat tilang warna MERAH).

Sop : Maaf, Pak saya gak mau yang warna MERAH suratnya. Saya mau yang warna BIRU aja.

P : Hey ! (dengan nada tinggi), kamu tahu gak sudah 10 hari ini form biru itu gak berlaku !

Sop : Sejak kapan Pak form BIRU surat tilang gak berlaku ?

P : Ini kan dalam rangka OPERASI, kamu itu gak boleh minta form BIRU.

Dulu kamu bisa minta form BIRU, tapi sekarang ini kamu gak bisa. Kalo kamu gak mau, ngomong sama komandan saya (dengan nada keras dan ngotot)

Sop : Baik Pak, kita ke komandan Bapak aja sekalian (dengan nada nantangin tuh polisi)

Dalam hati saya, berani betul sopir taksi ini.

P : (Dengan muka bingung) Kamu ini melawan petugas ?

Sop : Siapa yang melawan ? Saya kan cuman minta form BIRU. Bapak kan Continue reading

Pelajaran Dari Tukang Bakso

Posted in Bahan Renungan on December 10, 2008 by rgbcool

Semoga bisa buat bahan renungan untuk teman2…

*Jawaban Sederhana Penuh Makna *

Di suatu senja sepulang kantor, saya masih berkesempatan untuk ngurus tanaman di depan rumah, sambil memperhatikan beberapa anak asuh yang sedang belajar menggambar peta, juga mewarnai. Hujan rintik – rintik selalu menyertai di setiap sore di musim hujan ini.
Di kala tangan sedikit berlumuran tanah kotor,…terdengar suara tek…tekk.. .tek…suara tukang bakso dorong lewat. Sambil menyeka keringat…, ku hentikan tukang bakso itu dan memesan beberapa mangkok bakso setelah menanyakan anak – anak, siapa yang mau bakso ?
“Mauuuuuuuuu. …”, secara serempak dan kompak anak – anak asuhku menjawab.
Selesai makan bakso, lalu saya membayarnya. … Ada satu hal yang menggelitik fikiranku selama ini ketika saya membayarnya, si tukang bakso memisahkan uang yang diterimanya. Yang satu disimpan dilaci, yang satu ke dompet, yang lainnya ke kaleng bekas kue semacam kencleng. Lalu aku bertanya atas rasa penasaranku selama ini.
“Mang kalo boleh tahu, kenapa uang – uang itu Emang pisahkan ? Barangkali ada tujuan ?” “Iya pak, Emang sudah memisahkan uang ini selama jadi tukang bakso yang sudah berlangsung hampir 17 tahun. Tujuannya sederhana saja, Emang hanya ingin memisahkan mana yang menjadi hak Emang, mana yang menjadi hak orang lain / tempat ibadah, dan mana yang menjadi hak cita – cita penyempurnaan iman “.
“Maksudnya.. ..?”, saya melanjutkan bertanya.
“Iya Pak, kan agama dan Tuhan menganjurkan kita agar bisa berbagi dengan sesama. Emang membagi 3, dengan pembagian sebagai berikut :

1. Uang yang masuk ke dompet, artinya untuk memenuhi keperluan hidup sehari – hari Emang dan keluarga.
2. Uang yang masuk ke laci, artinya untuk infaq/sedekah, atau untuk melaksanakan ibadah Qurban. Dan alhamdulillah selama 17 tahun menjadi tukang bakso, Emang selalu ikut qurban seekor kambing, meskipun kambingnya yang ukuran sedang saja.
3. Uang yang masuk ke kencleng, karena emang ingin menyempurnakan agama yang Emang pegang yaitu Islam. Islam mewajibkan kepada umatnya yang mampu, untuk melaksanakan ibadah haji . Ibadah haji ini tentu butuh biaya yang besar. Maka Emang berdiskusi dengan istri dan istri menyetujui bahwa di setiap penghasilan harian hasil jualan bakso ini, Emang harus menyisihkan sebagian penghasilan sebagai tabungan haji. Dan insya Allah selama 17 tahun menabung, sekitar 2 tahun lagi Emang dan istri akan melaksanakan ibadah haji. Continue reading

Football Manager 2009

Posted in Game on December 9, 2008 by rgbcool

The Greatest Job on Earth….

Itulah subtitle dari Football Manager 2009, game yang paling ditunggu kemunculannya. Sayang sekali kali ini terlambat posting. Soalnya saya lagi nyobain ni.. Ternyata game ini asik banget daripada versi-versi terdahulu. Waktu main keliatan nyata kayak PES lah (meski jauh si..Hehehehe…). Temen2 mesti cobain game yang satu ini ni.. Klo aku dapat dari rental game di sekitar kampus..

Spec minimumnya :

Bagi yang memakai Operating System Windows Vista :

  • Kecepatan Processor : 2.0GHz
  • Memory                   : 1Gb
  • VGA/Graphic Card   : 128MB Nvidia FX 5900 Ultra, ATI Radeon 9800, Intel 82915G/82910GL atau diatasnya.


Bagi yang memakai Operating System Windows XP :

  • Kecepatan Processor : 1.4GHz
  • Memory                     : 512Mb
  • VGA/Graphic Card    : 128MB Nvidia FX 5900 Ultra, ATI Radeon 9800, Intel 82915G/82910GL atau diatasnya.


Ingat, ini adalah spec minimum. Jadi kemungkinan hasilnya juga minimum, sedikit panduan bagi yang kurang paham :

1. Processor
Kecepatan Processor 1.4 ini berarti minimal adalah Pentium IV atau bisa juga memakai AMD Athlon. Mungkin sebagian besar dari Anda tidak akan mengalami masalah disini.

2. Memory
Sebaiknya Anda menggunakan memory lebih dari ini untuk mendapatkan hasil yang cukup. Jika kita melihat lagi ke versi FM yang terdahulu, menurut pengalaman saya sebaiknya di windows Vista paling tidak menggunakan memory 2Gb dan bagi Windows XP paling tidak menggunakan RAM 1Gb. Karena FM mempunyai database besar yang otomatis rakus memory. Bagi Anda yang hanya bisa mencapai minimum spec memory seperti 1Gb di Vista ataupun 512Mb di XP, mungkin amannya hanya dapat memainkan 1-2 liga saja.

3. VGA Card / Graphic Card
Saat FM 2008, memory memang berperan penting untuk menikmati FM dengan kecepatan nyaman, namun dengan dirilisnya Football Manager 2009 yang memakai 3D engine untuk pertandingan, tampaknya kebutuhan ‘primer’ bertambah lagi dengan keharusan adanya vga/graphic card yang cukup, jika Anda berminat untuk menonton pertandingan secara tiga dimensi.

Jika Anda menggunakan VGA onboard, seperti misalnya Intel 915/945, Radeon X1200 atau GeForce 6100 sangat disarankan untuk menambah jumlah shared memory untuk VGA dari BIOS menjadi 128mb, atau paling tidak 64mb. Ini nantinya akan berpengaruh terhadap besar resolusi yang nyaman dan kecepatan saat pertandingan 3D.

Covernya gambar Juande Ramos ni… Mantan pelatih Sevilla sm Tottenham Hotspur.

Meski specnya lumayan tinggi tapi bs dimainkan di laptopq FM 2009

Spec Laptopq  Toshiba Tecra A6 :

Prosesor : Core Duo @1,66 GHz

RAM : SODIMM  DDR2 1526 MB

VGA : Mobile Intel(R) 945GM Express Chipset Family 128 MB

Ternyata cukup nyaman untuk memainkan FM 2009…

Selamat mencoba…